Sabtu, 05 Desember 2009

BPT Kab Bogor Bertekad Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat

CIBINONG – Seakan terlecut dengan beragam kritik yang dilontarkan oleh sejumlah kalangan, Badan Perijinan Terpadu (BPT) Kabupaten Bogor berbenah diri dengan menggelar program untuk mempermudah penyelenggaraan izin kepada masyarakat. Untuk itu, BPT akan melakukan safari di empat wilayah Kabupaten Bo­gor.
Menurut Kepala BPT Kab. Bogor Syarifah Sofiah, kegiatan safari yang dibarengi dengan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan perizinan secara langsung kepada masyarakat. "Sekaligus, menyebarluaskan informasi mengenai penyelenggaraan pelayanan perizinan yang dilaksanakan BPT Kabupaten Bogor," jelas Syarifah, akhir pekan lalu.
Kegiatan ini, lanjut dia, akan dimulai di wilayah Bogor Barat pada Selasa (17/11) ini. Kemudian safari dan sosialisasi akan digelar di wilayah Kabupaten Bogor bagian selatan, timur dan tengah hingga awal Desember. Syarifah menambahkan, hingga saat ini pihaknya baru melayani 21 jenis layanan perizinan.
“Diantaranya, Izin Peruntukkan Penggunaan Tanah (IPPT), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kita ingin masyarakat tahu lebih detil tentang fungsi dan kewenangan BPT,” ujar mantan Kepala Bagian Program dan Pengendalian Pembangunan Sekretariat Daerah ini.
Syarifah menambahkan, kemudahan serta kedekatan pelayanan perizinan yang telah dan akan dilakukan BPT semata-semata untuk mewujudkan pelayanan prima untuk menjamin iklim penanaman modal yang kondusif dan berdaya saing. “Dalam memberikan pelayanan, kami memegang teguh kaidah kesederhanaan, kejelasan, kepastian, keamanan, keterbukaan, efisiensi, keadilan serta ketepatan waktu,” pungkasnya.
Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif LSM P-Sigma H.Aminuddin ST.p, mengaku cukup terkesan. Namun demikian, Aminuddin berharap kegiatan itu dapat ditindaklanjuti oleh BPT dengan mewujudkan pelayanan yang efisien dan efektif. "Wilayah Kabupaten Bogor ini sangat luas, dan kalau bisa untuk perijinan tertentu bisa dilayani oleh unit pelayanan di tingkat kecamatan agar masyarakat yang jauh dari Cibinong, bisa terlayani dengan cepat," imbuhnya. (Art/Lisman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar