Sabtu, 05 Desember 2009

Masyarakat Desa Cibatu Tiga Swadaya Bangun Jembatan

CARIU - Sarana infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah pelosok Kabupaten Bogor kondisinya sangat memprihatinkan, sehingga masyarakat kesulitan untuk bisa melintas dengan baik menuju ke wilayah lain. Seperti halnya di Desa Cibatu Tiga, Kecamatan Cariu, masih banyak Jalan yang belum tersentuh pengerasan atau pun pengaspalan.
Ironisnya ada beberapa jembatan yang melintasi derasnya air hanya memakai jembatan kayu seperti pada jaman dahulu, (jembatan gantung). Demikian pula kondisi jalannya dikala musim hujan kondisinya kian memprihatinkan, sudah becek juga tergenang air. Akibatnya, tak sedikit warga yang melintas menjadi korban kecelakaan karena jalan yang rusak berlubang dan jembatan yang licin.
Namun kondisi seperti itu kini mulai membaik setelah dilakukannya rehab jalan dan pembangunan jembatan. Menurut Narja selaku Kepala Desa Cibatu Tiga, saat ini ada dua jembatan yang dibangun. Yang pertama dibangun dengan dana PNPM Mandiri dan kini sudah selesai. Sedang yang kedua Jembatan Cibojong II yang menghubungkan antara Desa Cibatu Tiga dengan Bantar Kuning juga Desa Kuta Mekar. Jembatan dibangun dari hasil Swadaya masyarakat, yang kini baru 60% dengan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 90.000.000.
Dikatakan oleh Kades Narja, anggaran itu hasil dari para donatur, juga dari masyarakat dengan cara membagi bagi kupon kepada Warga Cibatu Tiga dengan memakai Kelas. Seperti untuk masyarakat dengan kriteria berkecukupan menyumbang Rp 100.000, Kelas II atau kelas menengah memberikan Rp 75.000 dan kelas III menyumbang Rp 50.000, serta kelas IV atau kriteria menengah kebawah memberikan Rp 30.000.
"Mudah-mudahan pembangunan Jembatan ini bisa cepat selesai agar bisa digunakan oleh masyarakat. Dan bila di luar Wilayah Cibatu Tiga ingin memberikan sumbangan, kami mengucapkan banyak terima kasih. Dan ke depan saya berharap kepada pemerintah Kabupaten Bogor, agar meninjau Desa Cibatu Tiga dan mengharapkan bantuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," pungkas Narja. (JU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar