Senin, 08 Februari 2010

Desa Tertinggal Bangun Kantor yang Megah

CILEUNGSI - Desa Jati Sari-Kecamatan Cileungsi, yang terletak di pelosok perbatasan dengan Kecamatan Serang Baru-Bekasi, hingga kini belum tersentuh program pembangunan oleh pemerintah daerah. Mayoritas warga di daerah itu masih asli, belum tercampur dengan para pendatang. Dan sampai saat ini belum ada Investor yang datang ke Desa tersebut sehingga perkembangannya tertinggal, ditambah lagi mayoritas warganya hanya mengandalkan lahan pertanian untuk mata pencaharian hidupnya.
Desa Jati Sari kini dipimpin oleh Nasir, seorang pamong yang dinilai warganya sangat bijaksana dan mengerti keadaan warganya, sehingga dirinya terpilih menjadi Kepala Desa sampai 2 periode hingga sekarang. Salah satu prestasi Nasir ialah merehab bangunan kantor Desa menjadi permanen dan lebih megah. Pintu kantor memakai alumunium dan dilapisi kaca serta dipasangi pendingin udara (AC). Kalau bisa disebut, di wilayah Bogor Timur, baru Desa Jati Sari saja yang memiliki kantor permanen dan cukup megah.
Saat ditemui JURNAL METRO baru-baru ini, Nasir berkomentar kantor desa yang baru bisa berdiri megah berkat bantuan dari pemerintah daerah dan swadaya masyarakat. "Tapi anggaran bantuan pemerintah ternyata tidak cukup, sehingga sisanya sampai 20 juta ditanggulangi bersama oleh masyarakat," ujarnya.
Nasir mengatakan, saat membangun kantor desa dirinya memakai rumus dan mengacu kepada Rukun Islam yaitu ada 5. Uniknya, ruangan kantor desa ini jumlahnya serba 5, seperti ruang kerja ada 5, yaitu ruangan Kepala Desa, ruangan Sekdes, ruangan BPD, ruangan LPM, dan ruangan Sekretariat. Tentu memakai pintu pun ada 5, serta dalam memakai cat warna pun memakai 5 warna.
"Uniknya, BPD Desa Jati Sari beranggotakan 5 orang termasuk Ketua, Kampung nya pun ada 5 juga seperti kp Kaum, Tegal, Kubang, Rawa Kaso, dan Kp Sarongge," ungkap Nasir. Penduduk Desa Jati Sari sendiri, tercatat sebanyak 6.454 dengan 1.768 Kepala Keluarga. Desa ini menaungi 9 RW dan 19 RT. "Memang masih sedikit, dari itu mudah mudahan kedepan bisa lebih baik dan maju, semoga ada Investor yang mau masuk ke Desa Jati Sari," imbuhnya. (Jup)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar