Senin, 08 Februari 2010

Satlak PB Siaga 24 jam Membantu Masyarakat

CIBINONG - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Kantor Kesbang Pol Limas, telah mempersiapkan tim Khusus, yaitu Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB), untuk mengantisipasi penanganan pasca bencana alam yang terjadi setiap saat, baik itu di dalam ataupun di luar wilayah Kabupaten Bogor. Satlak PB ini juga difokuskan untuk membantu masyarakat yang kesusahan akibat bencana alam.
Dengan semboyan Quick Respont, tim ini bersiaga 24 jam penuh ke seluruh wilayah Kabupaten Bogor dan daerah lainnya untuk menghadapi setiap bencana, seperti gempa, banjir, angin putingbeliung, tanah lonsor, kebakaran, dan lainnya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh tim Satlak PB dalam kejadian Di Cigudeg, Cisarua, sampai ke lokasi longsor di Cianjur, dan bahkan ke Padang sewaktu terjadi gempa dashyat.
Untuk penanganan bencana alam oleh petugas kecamatan dan desam, Satlak PB juga membekali petugas di kecamatan dan desa dengan keterampilan khusus melalui program pelatihan-pelatihan penanggulangan Bencana di tiap-tiap kecamatan ataupun Desa. Instruktur pelatihan itu adalah tenaga-tenaga ahli dan proposional di bidangnya, baik itu sebelum kejadian (Pra Bencana) ataupun setelah kejadian.
Kepada JURNAL METRO baru-baru ini, Komandan Satlak PB Budi Aksono, mengungkapkan bahwa Satlak PB adalah salah satu pelaksana Penanggulangan Bencana yang berfungsi dan terbagi beberapa tugas pokok. Pertama mengantisipasi Pra Bencana, yaitu dengan memberikan sosialisasi kemasyarakat terutama di kecamatan dan Desa, dengan memberikan pelatihan masalah penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Kedua, menyebarluaskan informasi dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setiap bulan ke Kecamatan dan instansi terkait.
"Yang ketiga saat terjadi bencana, Kami siap turun kelapangan membantu masyarakat tidak pandang waktu siap dalam melaksanakan tugasnya selama 24 jam. Insya Allah, selang beberapa jam setelah terjadi bencana kami sudah ada di lokasi membantu warga yang kesusahan. Bila terjadi bencana ataupun musibah, kami mohon masyarakat langsung hubungi kami kapan saja, dan kami siap datang ke lokasi dalam hitungan jam, 110 orang anggota Satlak PB siap membantu masyarakat," ujarnya. (Hep/Han)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar